-->

Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat

Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat - Hallo sahabat Aneka Jus Buah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel terapi jus, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat
link : Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat

Baca juga


Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat

Penyakit rematik dan asam urat umumnya diderita oleh seseorang yang berusia di atas 40 tahun. Menjalankan terapi jus untuk rematik dan asam urat merupakan langkah tepat sebagai upaya pertama dalam mengobati penyakit tersebut. Bahan buah-buahan yang dipakai untuk membuat jus sehat kali ini sangat mudah ditemukan. Semangka adalah salah satu buah untuk asam urat yang sudah terkenal manfaat dan khasiatnya sejak dulu.

Karena tergolong pengobatan herbal alami, terapi jus buah untuk rematik dan asam urat bisa dilakukan oleh siapa saja, usia berapa pun serta golongan darah apapun tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

terapi jus untuk mengatasi rematik dan asam urat
Resep jus semangka untuk asam urat tinggi

Tahukah anda, penyakit asam urat adalah salah satu jenis rematik yang disebabkan oleh terlalu tingginya kadar purin dalam darah seseorang?

Dan berdasar hasil penelitian modern, para ahli menyarankan makanan untuk penderita asam urat dan rematik sebaiknya bersifat peluruh kencing. Yang dimaksud peluruh disini adalah memiliki sifat meningkatkan produksi air kencing sehingga nantinya kadar purin yang terlalu tinggi bisa dikurangi atau diturunkan secara alami dan aman.

Faktanya, salah satu jenis bahan makanan yang bersifat diuretik adalah buah-buahan. Manfaat semangka untuk mengobati asam urat didapat dari kandungan gizi dan fitokimia di dalamnya. Jadi bukan karena kandungan zat kimiawi yang berbahaya bagi kesehatan organ tubuh, terutama ginjal.

Dari segi medis, ada 3 jenis rematik yang mungkin menyerang seseorang :
  1. Osteoartritis (OA)
    Rematik jenis ini banyak diderita seseorang yang sudah lanjut usia, terjadi akibat berkurangnya cartilage (cairan pengisi sendi) yang berfungsi sebagai bantalan pada persendian. Faktor penyebab berkurangnya cairan pengisi sendi adalah bertambahnya usia, kegemukan, olahraga berat, dan kadar asam urat tinggi yang dibiarkan selama lebih dari 10 tahun.
  2. Artritis reumatoid (AR)
    Merupakan jenis rematik ganas, sehingga bisa mengakibatkan gangguan pada keseluruhan jaringan tubuh termasuk pembuluh darah, kulit, paru-paru, jantung, dan otot. Faktor penyebab Artritis reumatoid ini adalah kelainan imunitas sehingga sistem kekebalan tubuh menyerang persendian. Akibatnya, timbul rasa nyeri yang amat sangat hingga mengganggu pergerakan anggota tubuh.
  3. Artritis gout
    Inilah jenis rematik yang paling populer dikalangan masyarakat. Artritis gout terjadi karena kadar purin dalam darah melebihi batas normal dan terakumulasi pada persendian sehingga mengakibatkan rasa nyeri yang hebat. Masyarakat awam sering menyebutnya dengan penyakit asam urat.

Dari uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa asam urat merupakan jenis penyakit rematik yang disebabkan oleh kadar purin dalam darah terlalu tinggi.

Tujuan utama menjalankan terapi jus untuk rematik dan asam urat adalah menurunkan kadar purin secara alami melalui media urine (air kencing).


Ciri-Ciri Seseorang Terkena Penyakit Rematik Dan Asam Urat

  1. Mengalami nyeri sendi, baik jenis mekanik maupun inflamasi. Nyeri sendi mekanik muncul setelah melakukan aktivitas dan hilang setelah instirahat. Sedangkan nyeri inflamasi muncul di pagi hari ketika bangun tidur. Persendian terasa kaku atau nyeri pada awal bergerak, kemudian berkurang perlahan setelah beraktivitas.
  2. Mengalami kaku sendi, sensasi rasa seperti diikat.
  3. Bengkak sendi, terjadi perubahan warna, bentuk, posisi bagian sendi tertentu.
  4. Muncul benjolan kecil di jaringan bawah kulit (tofi), biasanya terjadi pada bagian jari dan kuku penderita asam urat.

Beberapa jenis buah yang baik bagi penderita rematik dan asam urat yaitu semangka, melon, tomat, jeruk manis, pir, anggur, buah naga, mengkudu serta sirsak. Anda bisa memperbanyak konsumsi jenis buah tersebut atau mengolahnya menjadi minuman jus sehat sebagai media terapi agar asam urat tinggi bisa menurun dan sembuh.


Terapi Jus Buah Untuk Mengobati Rematik Dan Asam Urat

1. Jus semangka untuk rematik
Bahan-bahan :
resep jus semangka untuk rematik
  • 100 gram semangka
  • 75 gram daging buah sirsak
  • ½ gelas air putih

Cara membuat jus :
  • Semangka dipotong kemudian buang bijinya, masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan sirsak dan air putih, proses hingga halus.
  • Sajikan jus segera.

2. Jus sirsak buah naga
Bahan-bahan :
gambar jus sirsak campur buah naga


  • 75 gram buah naga
  • 1 sdm sirup gula
  • ¾ gelas air putih matang

  • Cara membuat jus :
    • Campur sirsak dan buah naga, masukkan ke dalam blender.
    • Tambahkan sirup gula dan air matang, haluskan.
    • Tuang ke dalam gelas, sajikan segera.

    3. Jus asam urat semangka
    Bahan-bahan :
    jus asam urat
    • 100 gram buah semangka
    • 75 gram jeruk manis
    • ½ gelas air dingin

    Cara membuat jus asam urat :
    • Setelah dipotong-potong dan di buang bijinya, masukkan kedua bahan buah ke dalam blender.
    • Haluskan menggunakan blender, saring jus.
    • Sajikan segera selagi dingin.

    4. Jus anggur pir jeruk
    Bahan-bahan :
    gambar jus anggur mix pir jeruk
    • 100 gram buah anggur
    • 75 gram pir, potong buang bijinya
    • 75 gram jeruk manis, buang bijinya
    • ¾ gelas air putih

    Cara mengolahnya :
    • Cuci bersih anggur, potong dan buang bijinya.
    • Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender, proses halus.
    • Siapkan gelas, tuangkan jus.


    Resep Jus Buah Untuk Rematik Dan Asam Urat
    Oleh : Ahlun Naja
    Resep Jus Buah Untuk Rematik Dan Asam Urat
    Persiapan
    5 menit
    Pengolahan
    10 menit
    Resep untuk : 1 porsi
    Bahan-bahan :
    100 gram melon 75 gram tomat merah 1 sdm sirup gula 150 ml air matang
    Cara membuat jus :
    Kupas dan potong-potong melon, masukkan ke dalam gelas blender. Rebus tomat selama beberapa saat hingga layu, angkat lalu dinginkan. Masukkan tomat beserta air rebusannya ke gelas blender, tambahkan sirup gula. Haluskan menggunakan blender. Siapkan gelas saji, tuang jus kedalamnya.
    Catatan :
    Terapi jus sehat untuk mengobati asam urat secara alami dan aman sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari. Proses pengeluaran zat purin berlangsung melalui media urine sehingga aman bagi kesehatan.


    Demikianlah Artikel Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat

    Sekianlah artikel Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat dengan alamat link https://anekajusbuahsehat.blogspot.com/2016/09/terapi-jus-buah-untuk-mengatasi-rematik.html

    Tidak ada komentar