-->

Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel

Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel - Hallo sahabat Aneka Jus Buah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel diet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel
link : Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel

Baca juga


Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel

Manfaat brokoli untuk menurunkan berat badan bersumber dari jumlah kalori yang tergolong rendah. Sayuran berwarna hijau ini juga kaya serat, dimana salah satu fungsinya adalah untuk menjaga perut tetap kenyang. Jika anda merasa kenyang dalam waktu yang lama maka akan sangat membantu diet sehat yang sedang anda jalankan.

Cara membuat jus brokoli untuk diet terbilang mudah dan sederhana. Namun untuk memilih bahan-bahan kombinasi atau campuran jus, diperlukan pengetahuan khusus. Hal ini sangat penting karena bahan campuran tersebut akan menentukan nilai gizi dan nutrisi serta cita rasa jus buatan anda. Tentu selain karena khasiatnya, anda juga menginginkan jus brokoli yang enak bukan?

Brokoli sebagai bahan pembuat jus untuk diet
Brokoli sebagai bahan pembuat jus untuk diet

Jus Brokoli Rendah Kalori Sehingga Baik Untuk Diet Sehat

Bila anda ingin menurunkan berat badan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan kalori dari makanan tidak sehat seperti makanan ringan, permen dan minuman berkalori tinggi.

Langkah selanjutnya adalah mengurangi porsi makan. Jumlah persisnya tergantung dari kebiasaan makan anda. Agar tidak mengalami kekurangan gizi saat menjalankan diet dengan jus brokoli, pastikan menu makanan yang anda sajikan seimbang dari segi gizi maupun nutrisi.

  • Kenapa harus dibuat jus dan bukan dimasak seperti sayuran lain?
    Menurut ahli gizi, sayur brokoli paling baik jika dimakan langsung karena nutrisi penting di dalamnya akan utuh dan tidak berkurang.

    Jus adalah minuman sehat yang dibuat dengan mengambil sari buah atau pun sayuran. Jika memakai mesin juicer maka hasilnya hanya sari buah, dan jika memakai mesin blender maka akan diperoleh tambahan berupa serat. Selain memperoleh nutrisi dan vitamin, jus juga memiliki rasa yang enak serta menggugah selera.
  • Jadi, mana yang anda pilih? Memakan langsung atau meminum segelas jus brokoli?
    Apabila anda memiliki resep brokoli untuk diet namun bukan diolah sebagai minuman jus, pastikan tidak merebus sampai mendidih karena sangat mengurangi nutrisi. Jika memang terpaksa, masukkan brokoli ke dalam air mendidih selama beberapa detik saja.

Memasak brokoli dengan cara mengukus, menggoreng atau menggunakan microwave juga diperbolehkan karena metode tersebut tidak banyak mengurangi vitamin dan senyawa berkhasiat dalam sayur. 3 cara tersebut dipercaya lebih bersahabat dibandingkan merebus sayur brokoli.


Serat Pada Brokoli Membuat Anda Terus Merasa Kenyang

Makanan dengan kepadatan energi yang rendah (low energy density) merupakan komponen penting dari program penurunan berat badan karena memiliki jumlah kalori yang sedikit. Anda dapat mengkonsumsi makanan jenis ini dalam porsi yang besar tanpa takut menjadi gemuk.

Brokoli termasuk jenis makanan low energy density sehingga tidak memberikan asupan kalori yang signifikan.

Pentingnya peran serat untuk membantu menurunkan berat badan bisa dilihat dari kemampuannya untuk menyerap air dan kemudian menyebarluaskan. Efeknya, pencernaan akan diperlambat dan perut tetap kenyang . Hal ini berguna untuk mengurangi nafsu makan.

serat pangan brokoli baik untuk diabetes
Jus brokoli kaya serat pangan sehingga aman bagi penderita diabetes

Serat pangan (Dietary fiber) pada sayur brokoli bermanfaat untuk menunda sekresi hormon ghrelin dan mencegah lonjakan gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa. Jangan heran bila brokoli termasuk sayuran yang baik bagi penderita diabetes.

Ghrelin adalah hormon peningkat nafsu makan yang dikirimkan ke otak saat tubuh merasa lapar dan membutuhkan asupan makanan. Kadar hormon ghrelin akan menurun secara berkala setelah tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan.

Jus sayur brokoli yang dibuat memakai mesin blender memiliki tekstur kental karena seratnya masih utuh, berbeda jika dibuat dengan mesin juicer atau juice extractor.


Nutrisi Dalam Brokoli Mendukung Penurunan Berat Badan

Vitamin C, kalsium dan kromium merupakan tiga jenis nutrisi pada brokoli yang dapat mendorong penurunan berat badan.

Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk mensintesa senyawa yang disebut carnitine. Senyawa ini berperan penting untuk metabolisme lemak menjadi energi sehingga tidak terjadi timbunan atau simpanan lemak.

Kalsium dapat mengurangi produksi sel-sel lemak baru dan merangsang pemecahan lemak yang tersimpan. Kalsium pada jus brokoli juga berguna untuk mencegah penyerapan lemak jahat (LDL) dengan mengikat mereka dalam usus.

nutrisi brokoli mendukung penurunan berat badan
Kandungan nutrisi brokoli mendukung penurunan berat badan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam 'Obesity Research' tahun 2004, orang yang menjalankan diet rendah kalori dengan menyertakan suplemen kalsium atau produk olahannya kehilangan berat badan lebih dibanding mereka yang tidak menyertakan asupan kalsium pada diet.


Fitokimia Yang Mampu Mencegah Kanker

Dari hasil riset medis, dua jenis fitokimia dalam brokoli yang berkhasiat untuk mencegah kanker adalalh sulforaphane dan indole-3-carbinol. Dan baru-baru ini dilakukan penelitian lanjut mengenai kedua fitokimia tersebut.

Hasilnya, kombinasi zat non-gizi sulforaphane dan indole-3-carbinol mampu membantu memecah lemak tubuh.


4.5 from 21 reviews

Jus Brokoli Untuk Menurunkan Berat Badan


jus brokoli untuk diet
Persiapan
Pengolahan
Resep untuk : 1 porsi
Ukuran sajian : 1 gelas saji
Kalori per sajian : 190 kkal
Bahan-bahan :
  • � gelas brokoli hijau
  • 1 buah apel merah
  • 10 - 15 cm wortel
  • 1 - 2 sdm madu
  • 100 ml air es
  • Potongan es batu
Cara membuat jus brokoli diet :
  1. Cuci bersih brokoli, potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam blender bersama wortel dan air es.
  2. Blender hingga halus.
  3. Cuci buah apel, potong-potong lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan madu dan es batu, blender lagi sampai halus.
  4. Tuangkan jus ke dalam gelas saji, segera diminum.
Catatan :
Resep jus diet dari brokoli campur apel dan wortel ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau kencing manis.


Demikianlah Artikel Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel

Sekianlah artikel Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jus Brokoli Untuk Diet Campur Apel Dan Wortel dengan alamat link https://anekajusbuahsehat.blogspot.com/2016/09/jus-brokoli-untuk-diet-campur-apel-dan.html

Tidak ada komentar