-->

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker - Hallo sahabat Aneka Jus Buah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel resep lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker
link : Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker

Baca juga


Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker

Untuk membuat teh daun sirsak, anda bisa menggunakan daun segar yang baru dipetik atau daun kering yang sebelumnya sudah dijemur selama 3 hari. Cara mengolahnya cukup sederhana, yaitu dengan merebus daun sirsak sampai air rebusannya berwarna kecoklatan. Sedangkan cara mengkonsumsinya, tinggal tambahkan bahan pemanis seperti gula pasir atau madu dengan takaran sesuai selera.

Dari segi medis, manfaat daun sirsak bagi kesehatan terbukti mampu membunuh sel kanker serta menyembuhkan berbagai penyakit ganas seperti kista, diabetes, hipertensi dan stroke.

mengolah teh daun sirsak
Olahan herbal teh daun tanaman sirsak kering yang kaya manfaat


Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia karena tanaman sirsak (Soursop) bisa ditemukan dengan mudah dan kita bisa memanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional, ramuan herbal atau olahan teh secara gratis.

Khusus bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk merebus daun tanaman sirsak, sudah ada beragam produk kesehatan yang berbahan dasar ekstrak daun sirsak. Yang perlu dicatat, ikuti aturan minum dan cara penyajiannya, serta pilihlah produk herbal yang sudah diakui Badan POM agar supaya kualitasnya terjamin.

Beragam penelitian modern sudah berhasil membuktikan khasiat ekstrak daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat menemukan hasil positif tentang manfaat daun sirsak untuk anti-kanker.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pengujian sudah pernah dilakukan Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM).


Manfaat Teh Daun Sirsak Jika Diminum Secara Teratur

  1. Membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu kesehatan organ tubuh lain.
  2. Tidak seperti kemoterapi, minum ramuan daun sirsak tidak menimbulkan efek kerontokkan rambut, penurunan berat badan atau mual-mual.
  3. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh (immune system), sangat cocok untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah mengalami sakit.
  4. Menjaga kestabilan gula darah sehingga baik bagi penderita diabetes maupun tekanan darah tinggi (hipertensi).
  5. Membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat mengobati stroke ringan, sakit punggung, eksim, wasir, kista, rematik dan asam urat.
  6. Sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor.
  7. Sifat penyembuhan dalam daun ini juga berguna sebagai obat anti-kejang serta menurunkan demam atau flu.
  8. Konsumsi teh sirsak secara teratur berguna dalam meningkatkan stamina, mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit, dan menyehatkan sistem pencernaan.


Cara Merebus Daun Sirsak Untuk Obat Herbal

Secara umum, ada dua jenis ramuan obat yang terbuat dari daun ini. Yaitu ramuan dari daun yang masih segar (baru dipetik) dan ramuan daun sirsak kering. Proses pengolahan daun kering dimulai dengan menjemur daun segar selama kurang lebih tiga hari (tergantung kondisi cuaca).

Sebaiknya memilih daun yang tidak terlalu tua, bersih, tidak cacat, dan tidak berlubang di sana-sini. Baik daun kering maupun daun segar keduanya sama-sama kaya akan manfaat dan khasiat luar biasa berkat kandungan mineral, enzim, dan vitamin di dalamnya.

Cara mengolah daun sirsak segar
+ resep untuk 1 porsi
Bahan-bahan :
Ramuan daun sirsak untuk obat
  • 3 - 5 lembar daun segar
  • 4 gelas air bersih
  • Gula atau madu sebagai pemanis

Cara mengolahnya :
  1. Rebus daun segar bersama 4 gelas air besih, gunakan api sedang.
  2. Tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa 1 gelas saja.
  3. Sajikan dengan pemanis, minum sekaligus.

Jangan mencampur ekstrak daun sirsak (cair atau pun padat) dengan jamu, obat-obatan, maupun ramuan herbal lain karena beresiko terjadi ketidakcocokan kimia.


4.5 from 17 reviews

Resep Teh Daun Sirsak Kering

Oleh : Ahlun Naja
Membuat teh daun sirsak kering
Waktu penyajian
Total waktu
Resep untuk : 1 porsi
Alat dan bahan :
  • 5 - 7 daun yang sudah kering
  • 1 liter air bersih
  • Pemanis seperti gula atau madu
  • Panci atau ketel untuk merebus daun sirsak
Langkah-langkah membuatnya :
  1. Rebus 1 liter air memakai panci, ketel atau ceret.
  2. Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak kering dan kecilkan panas api.
  3. Rebus selama kurang lebih 20 menit, pastikan memakai api kecil.
  4. Matikan kompor. Biarkan teh dingin, dan siap disajikan
Catatan :
Resep ramuan teh daun sirsak ini cukup untuk tiga porsi (masing-masing 250 ml). Sebaiknya teh dihabiskan dalam satu hari (3 kali minum), buang sisa teh rebusan daun sirsak jika tidak habis dalam sehari. Simpan dalam lemari es agar khasiatnya lebih tahan lama.


Bagaimana Cara Konsumsi Daun Sirsak Yang Benar?

Apabila ingin memanfaatkan olahan herbal ini sebagai jamu atau obat kista, kanker, rematik dan asam urat, darah tinggi, diabetes, wasir, keputihan maupun untuk sakit ringan akibat daya tahan tubuh menurun, sebaiknya ikuti aturan minum yaitu dimulai dengan meminum satu gelas saja per hari. Untuk anak-anak, kurangi dosisnya sampai ½ gelas per porsi.

Setelah beberapa hari, tambah porsinya menjadi dua gelas per hari yaitu pagi dan sore hari. Cara ini dilakukan agar tubuh tidak kaget dan bisa menyerap khasiat yang terkandung dalam ramuan daun sirsak secara optimal.

Dan pada hari ke tiga, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari. Minumlah teh daun sirsak secara teratur 3 hari dalam seminggu sampai gangguan kesehatan yang Anda derita sembuh. Awali dengan berdoa, sesungguhnya obat hanyalah perantara. Kesembuhan datangnya dari Tuhan semata.


Demikianlah Artikel Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker

Sekianlah artikel Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Sehat Anti Kanker dengan alamat link https://anekajusbuahsehat.blogspot.com/2016/10/cara-mengolah-daun-sirsak-menjadi_8.html

Tidak ada komentar