-->

Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?

Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur? - Hallo sahabat Aneka Jus Buah, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel fakta buah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?
link : Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?

Baca juga


Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?

Serat merupakan zat non-gizi dalam buah maupun sayur yang berperan penting bagi tubuh kita, sama pentingnya dengan zat gizi seperti vitamin dan mineral. Fungsi dan manfaat serat untuk kesehatan terbilang lengkap, mulai dari memelihara kondisi badan sampai mencegah beragam penyakit berbahaya.

Tentu anda sudah paham bahwa susah buang air besar merupakan salah satu tanda kekurangan serat. Ternyata masih banyak masalah kesehatan yang bisa muncul jika asupan zat non-gizi ini tidak cukup atau kurang.

Jus buah dan sayuran merupakan metode yang menyenangkan untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Olahan aneka resep kombinasi yang kami sajikan akan memastikan anda tidak bosan untuk meminum segelas jus sehat.

buah apel kaya serat pangan

Secara lengkap dan detail, pengertian serat adalah bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

Dalam istilah medis, serat pangan dikenal juga dengan serat diet atau dietary fiber dimana jenisnya terbagi menjadi dua yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tak larut (insoluble fiber).

Apa perbedaan keduanya?

Serat larut akan mudah dicerna di dalam tubuh dan mampu mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk kemudian dibuang.

+ Avokad termasuk buah yang tinggi serat. Konsumsi 100 g buah avokad sudah sangat membantu seseorang untuk memenuhi kebutuhan seratnya satu hari.
alpukat memenuhi kebutuhan serat harian

Serat tidak larut akan tetap utuh sampai dikeluarkan dari dalam tubuh. Jenis serat tak larut inilah yang berguna untuk membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama.

+ Apel dan pepaya merupakan buah yang baik untuk diet karena mengandung serat tak larut air jenis pektin.


Inilah Fungsi Dan Manfaat Serat Bagi Kesehatan Kita

  1. Berguna untuk menurunkan kolesterol
    Serat larut berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang tersimpan dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, rasa sakit di dada (anginan) dan penyakit jantung rematik.
  2. Bermanfaat untuk mencegah diabetes
    Menjalankan program diet berserat tinggi dapat memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah. Seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat harian akan terhindar dari diabetes tipe 2.
  3. Berfungsi untuk melancarkan pencernaan
    Susah buang air besar? Tandanya anda kurang makan makanan yang berserat setiap harinya. Tambahkan buah dan sayur pada menu harian atau mulailah membuat jus sehat yang enak dan kaya akan serat.
  4. Membantu menurunkan berat badan
    Serat punya kecenderungan membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi jika anda ingin menurunkan berat badan, jangan malas untuk makan buah-buahan yang berserat tinggi.
  5. Berkhasiat mencegah serangan jantung
    Hasil penelitian jangka panjang mengungkap fakta bahwa mengkonsumsi makanan berserat berkhasiat memperkecil resiko terkena serangan jantung. Penelitian tersebut juga membuktikan jika serat bermanfaat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Konsumsi makanan berserat setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang, terutama untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Perlu diketahui, kebutuhan serat per hari pada orang dewasa yang sehat adalah 20 g dan 25 � 30 g bagi penderita diabetes.


Demikianlah Artikel Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur?

Sekianlah artikel Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Saja Manfaat Serat Yang Terkandung Dalam Buah Dan Sayur? dengan alamat link https://anekajusbuahsehat.blogspot.com/2016/09/apa-saja-manfaat-serat-yang-terkandung.html

Tidak ada komentar